Bahan yang digunakan untuk kemasan produk


Kemasan suatu produk adalah salah satu bagian  promosi yang kini sedang banyak di produksi oleh pelaku usaha. Dengan adanya kemasan produk tentu akan memiliki nilai jual khusus dan produk tersebut akan lebih dikenal dipasaran.  Kemasan produk memiliki jenis bahan dan bentuk yang sangat bervariasi. Tentu hal ini akan disesuaikan dengan jenis produk yang akan dijual. Umumnya kemasan suatu produk memiliki beberapa ukuran yang disesuaikan dengan jenis atau berat suatu produk yang akan dijual.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya diketahui sebelum melakukan atau order kemasan untuk produk. Tentu penjelasan ini akan memberi penjelasan sehingga membantu dalam pemilihan kemasan yang akan di buat. Secara umum berikut beberapa jenis bahan kemasan yaitu

  • Plastik

Plastik adalah salah satu bahan baku yang paling banyak digunakan untuk packingan atau kemasan suatu produk. Bahan plastik sangat mudah didapatkan dipasaran dan harganya juga sangat terjangkau. Selain itu bahan plastik memiliki keunggulan daya tahan yang sangat bagus sehingga banyak digunakan untuk kemasan makanan dan minuman.

Sumber : Google


  • Kertas

Bahan jenis kertas umumnya sebagai bahan baku dasar produk yang kemudian dicetak menggunakan print digital dan cetakan offset. Kemasan kertas umumnya digunakan untuk produk yang tidak banyak mengandung kadar air karena bahan kertas mudah sobek. Umumnya bahan kertas digunakan untuk kemasan kue kering, biskuit, teh dan kopi.

Sumber : Google

  • Alumunium

Kemasan yang berbahan aluminium umumnya digunakan untuk kemasan standing pouch, produk bumbu makanan atau minuman dalam bentuk sachet.

Sumber : Google

  • Kartoon

Kemasan yang menggunakan bahan kartoon umumnya digunakan untuk kemasan kue ulang tahun, produk fashion seperti kotak sepatu, pakaian, hijab dan sebagainya. Umumnya bahan kartoon memiliki berat yang lumayan tebal sehingga jarang digunakan untuk kemasan makanan.

Sumber : Google

  • Steroform atau Busa

Jenis bahan ini umumnya digunakan untuk produk kemasan makanan siap saji. Bahan ini juga merupakan salah satu kemasan yang sangat mudah didapat dipasar dan harga nya juga terjangkau.


Sumber : Google

Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan penjelasan tentang bahan produk kemasan.

0 Komentar