JENIS BAHAN CETAKAN INDOOR

 


Cetakan indoor adalah cetakan atau print yang umum nya digunakan dalam ruangan. Hasil print yang dihasilkan cetakan indoor memiliki tampilan hasil yang lebih halus dan detail untuk gambar maupun tulisan ukuran kecil . Hal ini dikarenakan printhead mesin indoor hasil print tintanya lebih rapat, halus dan detail. Contoh cetakan indoor yaitu : cetakan roll up banner, photo paper, menu, stiker dalam ukuran meteran, poster dan lainnya .


Berikut beberapa jenis bahan untuk print atau cetakan indoor :

1.     Albatros

Bahan Albatros umumnya digunakan  untuk mencetak X-Banner, Roll Up banner, Y-Banner, I-Banner, peta dan Poster. Bahan Albatros memiliki tekstur yang  halus, tipis serta mengkilap. Sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk cetakan di indoor. Bahan ini juga bisa di tambahkan proses finishing seperti laminating Glossy (kilat) atau laminating doff. Dibawah ini contoh hasil print bahan Albatros.

 


2.     Luster

Bahan Luster umumnya juga untuk mencetak X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Poster, dan peta.  Bahan agak kasar, lumayan tipis dan mengkilap.. Karena bahannya agak kasar jadi tidak bisa dilaminating dan sangat cocok untuk cetakan indoor.


3.     Stiker Ritrama

Stiker ini biasanya untuk mencetak sticker yang biasa digunakan atau ditempel  di kaca mobil atau motor, acrylik, triplek serta di kaca atau jendela. Cocok untuk promosi indoor ataupun outdoor karena bahan jenis ini halus, tipis dan berwarna putih. Bahan ini juga bisa di tambahkan proses finishing seperti laminating Glossy (kilat) atau laminating doff.  Dibawah ini contoh hasil print bahan Stiker Ritrama.


4.     Stiker Transparan

Kegunaan bahan jenis ini hampir sama dengan Sticker Ritrama dan sangat cocok untuk promosi  di indoor dan outdoor. Perbedaan dengan Sticker Ritrama berwarna putih, stiker ini transparan, halus serta tipis.

 

5.     Stiker Oneway

Biasanya digunakan untuk mencetak sticker yang terpasang dikaca dan sejenisnya. Oneway berbahan halus, tebal dan permukaannya berlubang. Stiker ini cocok dan baik digunakan untuk cetakan di indoor serta outdoor.

 

Semoga dengan adanya  artikel ini dapat bermanfaat dan membantu dalam proses cetakan.

 

0 Komentar