JENIS BAHAN CETAKAN A3

Kertas adalah salah sekian banyak yang di gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Umum nya kita mengenal kertas ukuran A4 dan kertas A3, dua kertas ini merupakan dua ukuran kertas yang paling banyak digunakan di Indonesia. Penggunaan ukuran kertas A3 dan A4 ini cukup banyak dimanfaatkan untuk mengumpulkan tugas mulai dari siswa tingkat dasar, perguruan tinggi hingga Kantoran. Kertas A3 tersedia dalam berbagai macam jenis bahan , ketebalan, hingga ukuran yang bervariasi.

Ukuran A3 yaitu 29,7 x 42 cm , dan ukuran A3+ yaitu 32 x 48 cm. Dengan mengetahui ukuran kertas A3 dan jenis kertas cetak lainnya yang dibedakan berdasarkan ukuran dapat  jadikan sebagai acuan dalam penggunaan kertas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ukuran Kertas A3 memiliki banyak kegunaan berdasarkan jenis-jenisnya. Untuk mulai mengenal jenis kertas ini, berikut penjelasan mengenai jenis-jenis kertas A3.

1. Kertas A3 HVS

Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membuat Kertas A3 adalah bahan HVS. Bahan ini merupakan jenis bahan yang paling banyak digunakan karena dapat ditemukan dengan mudah. Kertas HVS merupakan jenis kertas yang banyak digunakan untuk fotokopi atau digunakan untuk mencetak tugas.

Bahan HVS memiliki beberapa ketebalan yaitu 75 gsm, 80 gsm dan 100 gsm .



2. Kertas A3 Art Paper

Art paper merupakan kertas yang memiliki tampilan yang licin di kedua sisi. Namun, Kita juga bisa menemukan kertas Kertas A3 Art Paper dengan permukaan yang doff di sisinya. Umum nya A3 Art Paper juga memiliki sebutan Konstruk, dan memiliki ketabalan 120 gsm dan 150 gsm. Umumnya bahan ini digunakan untuk print brosur, leaflet, majalah dan isi buku. Namun selain itu juga bisa digunakan untuk cetakan lain disesuaikan dengan kebutuhan lainnya .

3. Kertas A3 Art Carton


Kertas A3 Art carton mirip dengan Kertas A3 Art Paper, hanya saja memiliki permukaan yang agak kasar dan lebih tebal. Selain Art Carton kertas ini juga memiliki sebutan lain seperti Kertas Karton atau Kertas TIK. Kertas A3 Art Carton ini memiliki bentuk yang tebal dan banyak digunakan untuk membuat kartu nama, katalog, cover buku, poster, dan untuk cetakan menu.


4. Kertas A3 Stiker

Kertas stiker ukuran A3 juga memiliki beberapa jenis , yaitu Stiker bahan Cromo, Stiker Quantac Glossy, Stiker Quantac Doff, Stiker Quantac Transparan dan Stiker Hologram .

 


Semoga dengan adanya penjelasan jenis bahan kertas A3 diatas bisa menjadi acuan untuk pemilihan cetakan kita.





 

 

0 Komentar