Proses Print Sublim dan Produk Yang Dihasilkan


 

Print Sublim

Souvenir dan Merchandise kini sangat banyak kita jumpai dipasaran. Mulai dari souvenir biasa maupun souvenir unik full print yang menampilkan desain yang beragam. Salah satu souvenir tersebut dihasilkan dari sablon atau print sublim. Print sublim adalah sebuah metode mencetak suatu gambar digital (berupa file) yang dapat langsung dicetak ke berbagai media. Umumnya disebut transfer printing atau pemindahan desain dari kertas ke kain menggunakan sebuah mesin printer dan tinta  khusus.

Kelebihan utamanya dari cetak sablon sublim yaitu bisa mencetak ke seluruh bagian baju/produk dan tanpa handfeel sama sekali serta memiliki daya tahan yang sangat lama dan menghasilkan warna yang detail dan fullcolour. Kini metode sublim ini sangat banyak digunakan karena harganya yang terjangkau dan hasil print nya yang bagus.

 

Berikut beberapa contoh produk yang dihasilkan dari print sublim, yaitu ;

  •  Baju jersey
Sumber : Google

  • Totebag

Sumber : Google


  • Bantal

Sumber : Google



  • Hijab
Sumber : Google


  • Masker Full Print

 


Sumber : Google

Proses Print Sublim

Tentu melakukan teknik print sublim bisa di bilang mudah, yang terpenting paham akan cara dan teknik printnya. Berikut beberapa tahapan print sublim.

1. Siapkan file design

Untuk langkah awal tentu kita harus menyiapkan file design yang ingin diprint, bentuk file bisa berupa PDF, PNG, atau corel. Setelah file sudah diterima, akan disesuaikan dengan ukuran yang akan diprint.

2. Cetak pada kertas khusus (Transfer Paper)

Setelah semua file siap dan sudah disesuaikan dengan ukuran atau pola yang diinginkan, maka  desain tersebut  di print pada ke kertas khusus untuk sublim yaitu transfer paper.

3. Press kertas pada bahan yang di siapkan

Setelah selesai mencetak  transfer paper selanjutnya adalah press kertas yang sudah di print pada media atau kain yang sudah disiapkan. Kain yang cocok untuk teknik sublim ini hanya bisa menggunakan bahan dasar polyester. 

4. Finishing

Setelah selesai press, selanjutnya adalah memisahkan bahan sesuai polanya lalu bahan-bahan tersebut akan dilakukan finishing atau dijahit. Setelah setelah finishing maka produk tersebut bisa digunakan atau dipasarkan.

 

Tentu hasil print sublim akan menjadi salah satu souvenir unik yang bisa digunakan untuk pemakaian pribadi maupun hadiah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu untuk pemilihan proses cetakan sublim.

 

 

 

 

0 Komentar