Brosur Media Promosi yang Masih Digunakan Hingga Kini

 


Brosur merupakan selebaran kertas yang berisi keterangan lengkap tentang rincian suatu produk yang umumnya digunakan sebagai media promosi atau iklan. Brosur dibagi kan secara gratis atau cuma untuk khalayak ramai. Untuk dapat menarik perhatian, umumnya brosur ini dibuat dengan desain yang menarik dan warna serta isinya jelas.

Brosur adalah media promosi offline yang hingga kini masih banyak digunakan. Hal ini dikarenakan masih banyak pasar promosi yang tidak semuanya mengerti atau memakai internet, sehingga brosur masih menjadi langkah yang efektif untuk alat promosi. Dan hal ini lah yang membuat brosur masih dianggap penting dalam sebuah promosi.

Umumnya, brosur dalam bentuk lembaran kertas berisi kata-kata dan informasi tentang suatu produk, serta beberapa gambar pendukung. Biasanya, brosur ini diberikan secara gratis kepada masyarakat umum dengan harapan bahwa masyarakat akan mengetahui produk tersebut. Brosur sering berisi tentang makanan, investasi, sekolah, kampus, usaha dan lainnya. Beberapa brosur juga memuat suatu informasi mengenai produk atau umumnya di sebut sebagai katalog produk.

Kegunaan dan fungsi brosur sebagai media promosi yang berisi informasi suatu produk, misalnya mengenai barang atau jasa yang akan ditawarkan. Umumnya berisi tulisan dan gambar supaya lebih menarik dan memudahkan pemahaman bagi yang membaca.

Brosur umumnya bertujuan untuk

  • Media Informasi
  • Media Promosi
  • Meningkatkan daya tarik suatu produk yang dipasarkan
  • Sebagai identitas suatu produk

Bahan yang umum dipakai untuk brosur umumnya menggunakan kertas art paper 120  gsm dan art paper 150 gsm. Biasa brosur diprint dalam bentuk satu sisi atau timbal balik (print dua sisi ) dan kemudian dilipat. Beberapa ukuran brosur yang biasa nya dicetak yaitu ;

Ukuran A4 atau 21x29.7 cm

Ukuran A5 atau 14.8x21 cm

Ukuran A6 atau 10.5x14.8 cm

 

Contoh brosur yaitu ;

Brosur makanan, memberikan informasi tentang menu makanan yang ditawarkan lengkap dengan gambar makanannya

Brosur tempat belajar les

Brosur sekolah, berisi informasi tentang jadwal penerimaan siswa baru

 

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi penjelasan tentang brosur dan membantu dalam proses media promosi.

 

0 Komentar